Sabtu, 08 November 2014

SEJARAH SINGKAT KOMPUTER

SEJARAH SINGKAT KOMPUTER
Komputer adalah alat yanng dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika. Asal mulanya, pemgolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk mengerjakan banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule,jenis kalkulator mekanik mulai dari abacus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Isilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi”. Menurut sejarah ada 5 generasi dalam sejarah komputer.
Generasi pertama, komputer dikembangkan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan perang, khususnya Perang Dunia Kedua. Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman pada tahun 1942mengembangkan komputer yang disebut dengan Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pada tahun 1943 Inggris menyelesaikan komputer untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman yang dinamakan Colossus. Di Amerika Serikat, Howard H. Aiken (1900-1973) berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy, yang dinamakan The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I.
Perkembangan selanjutnya terjadi dengan dibuatnya Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) yanng dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980). Kommputer inilah yang merupakan komputer serbaguna yang bekerja 1.000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada tahun 1945, Von Neuman (1903-1957) mendesain Electronic discrete Variable Automatic (EDVAC), yang mampu menampung program dan data. Komputer ini sudah menguunakan unit pemrosesan sentral (CPU). Penemuan Von Neuman ini dikembangkan lebuh lanjut oleh Remington Rand pada tahun 1951 menjadi Universal Automatic Computer I (UNIVAC I)
Generasi kedua, dimulai dengan adanya penemuan transistor pada tahun 1948. Pemanfaatan transistor pada komputer mulai tahun 1956, yaitu pada super komputer. Superkomputer yang dinuat IBM yang diberi nama Stretch, sedang yang dibuat Sprery Rand dinamai LARC.
Komputer untuk kebutuhan bisnis baru muncul pada tahun 1960, yang sepenuhnya menggunakan transistor. Salah satu contoh generasi kedua ini adalh IBM 1401 diterima secara luas di kalangan industri. Pada perkembangan selanjutnya, lahir beberapa bahasa pemograman, seperti Common Business Oriented Language (COBOL) dan Formula Transistor (FORTRAN).
Generasi ketiga, muncul untuk memperbaiki komputer generasi sebelumnya. Penggunaaan transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusakkan bagian-bagian internal komputer yang lain. Pada tahun 1958 Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi (Integrated Circuit/IC), yang mengombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat pasir kuarsa. Pada era ini juga muncul penemuan chip tunggal yang disebut semikonduktor dan mulai digunakan sistem operasi dalam komputer.
Generasi keempat, ditandai dengan upaya pengencilan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik menjadi Large Scale Integration (LSI). Dengan LSI memungkinkan ratusan komponen termuat dalam sebuah chip. Tahun 1980 muncul Very Large Scale Integration (VLSI)  yang dpat memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. VLSi dikembangkan lebih lanjut menjadi Ultra Large Scale Integration (ULSI), yang mampu memuat jutaan komponen dalam sebuah chip.
Pada tahun 1971, perakit komputer mulai menawarkan komputer kepadaa masyarakat dan dijual dengan paket piranti lunak yang terkenal pada waktu itu program Word Processing dan Speadsheet. Pada tahun 1981, IBM mmperkenalkan Personal Computer (PC)  untuk penggunaan dirumah,kantor,sekolah. Perkembangan perangkat keras selanjutnya adalah kemunculan Laptop (Komputer Jinjing), Palmtop (Komputer Genggam) dan sudah mulai memperkenalkan Local Area Network (LAN).
Generasi kelima, cukup sulit didefinisikan karna saat ini masih dalam periode awal mula. Contoh imajinatif dari komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 ari Novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odssey. HAL menampilakn seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasaan buatan (Artificial Intelligence atau AL).

Mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, tetapi banyak fungsi-fungsi yang dimiliknya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru secara nalar manusia. Fasilitas ini nampak sederhana, namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yabg diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dab pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata0kata secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar