Sabtu, 08 November 2014

DASAR MICROSOFT WORD 2013
Tampilan Microsoft Word 2013
Microsoft Office Word 2013 memiliki tampilan yang sedikit berbeda
dibandingkan dengan MS  Word versi 2007, yakni menu file muncul kembali.menu file ini disebut dengan istilah Backstage View. Pada MS Word versi 2007 terdapat 3 fitur utama yaitu: Microsoft Office Button, Ribbon, Quick Access Toolbar, sementara pada MS Word versi 2013 fitur Office Button diganti dengan Backstage View.
Tampilan pada MS Word 2013 lebih sederhana dibandingkan dengan MS Word 2010 maupun MS Word 2007, yakni menggunakan warna-warna sederhana tanpa radien seperti pada versi sebelumnya.
1.       Backstage View
Backstage View terletak pada sebelah kiri atas area kerja MS Word 2013, disebut juga dengan menu File. Ada berbagai macam fitur pada meni ini, meni Info menyediakan berbagai maca informasi berkaitan dengan dokumen yang sedang dibuka, baik berkenaan dengan besar file, jumlah halaman, jumlah kata, kapan dokumen dibuat, kapan terakhir kali dokumen di edit dan lain sebagainya. Pada menu ini juga terdapat fasilitas untuk proteksi dokumen. Menu New menyediakan berbagai macam tema atai template yang dapat dipilih untuk menunjang kinerja pengguna, sehingga pekerjaan akan lebih mudah dan cepat. Terdapat pula pilihan Blank document bagi yang menginginkan untuk memulai pekerjaan pada dokumen kosong. Menu Open menyediakan fasilitas untuk membuka dokumen. Ada empat pilihan dalam membuka dokumen paada MS Word 2013 yakni :  Recent Document, SkyDrive, Computer, dan Add a Place.  Sebelum memanfaatkan SkyDrive, pengguna harus memiliki Account Microsoft. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan atau membuka file dari media penyimpanan yang ada dipusat data microsoft, sehingga bagi pengguna yang telah login di office, maka dapat mengakses maupun menyimpan data dari komputer yang berbeda-beda, asal terkoneksi dengan internet.
Menu Save dan Save As  memiliki fungsi sebagai fasilitas untuk menyimpan dokumen, baik menyimpan SkyDrive,Computer,maupun media penyimpanan yang lainnya. Menu Print  adalah fasilitas untuk mencetak dokumen. Menu Share juga merupakan fasilitas yang belum ada di office versi sebelumnya, dengan fasilitas ini pengguna dapat berbagai data dengan pengguna lain yang terkoneksi dengan internet. Menu Export digunakan untuk menyimpan dokumen ke format yang lain, prinsipnya sama dengan Save As. Menu Close dapat digunakan untuk menutup dokumen yang sedang dibuka.
                Menu account memberikan informasi berkaitan dengan pengaturan account pengguna office 2013, dapat juga digunakan untuk mengganti background office, serta tema office. Menu Option dapat digunakan untuk melakukan pengaturan lebih lanjut berkenaan dengan lembar kerja yang sedang dikerjakan.
2.       Ribbon
Ribbon adalah panel dibagian atas dokumen. Ribbon pada office 2013 memiliki delapan tab yakni : 
· Home                          : Clipboard, Fonts, Paragraph, Styles, dan Editing
·  Insert                         : Pages, Tabels, Illustrations, App dan media, Links, Comments, Header & Footer
· Design                        : Document Formating dan Page Background            
·  Page Layout            : Page Setup, Paragraph, dan Arrange
· References               : Table of Contents, Footnote, Citation & Bibliography, Captions, Index, Table Of     
                                         Authorities
· mailings                      : Create, Start Mail Merge, Write & Insert Fields, Preview Result, Finish
· Review                       : Proofing, Language, Comments, Tracking, Changes< Compare Protect
· View


3.       QUICK ACCESS TOOLBAR
Quick access adalah toolbar yang berisi perintah yang paling sering digunakan. Fitur yang terdapat pada toolbar ini dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Bisa juga ditambahkan dengan fitur yang terdapat pada Ribbon, dengan cara klik kanan pada fitur yang dipilih, kemudian pilih Add to Quick Access Toolbar, maka  di Quick Access Toolbar akan muncul fitur baru yang diinginkan. Sebaliknya, jika ingin mengurangi menu yang ada, dapat di klik kanan pada salah satuikon yang ada quick access toolbardan pilih remove from quick access toolbar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar