Kamis, 25 September 2014

Tentang Jurusan

Program Studi D-III Perbankan & Keuangan 

Program Studi Diploma III Keuangan dan Perbankan bertujuan menghasilkan tenaga ahli madya (Amd) yang profesional di bidang Keuangan dan Perbankan. Proses pencapaian tenaga Ahli Madya dirancang tidak lebih dari 3 (tiga) tahun. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, maka proses pembelajaran menggunakan kurikulum 60% (persen) praktek/praktikum dan 40% (persen) teori.
 
Program Studi Diploma III Keuangan dan Perbankan memiliki fasilitas laboratorium seperti, Laboratorium bank konvensional (Mini Bank Syariah), Pojok Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Laboratorium Komputasi. Kondisi ini diperkuat melalui kerjasama dengan Lembaga Keuangan Perbankan  (Bank Indonersia, Bank BNI, Bank Jatim, Bank BCA, Bank BTN, Bank Mandiri Syariah, Bank Muamalat, dan Bank Niaga di wilayah Jawa Timur) sebagai tempat pembelajaran dan praktek kerja lapangan (PKL).     Peluang kerja lulusan Diploma III Keuangan dan Perbankan meliputi  sektor, perbankan konvensional, syariah, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Pertamina, Perusahaan-perusahaan, dan Instansi Pemerintah. 
Visi :
Menjadikan Program Studi Diploma Tiga (D3) Keuangan dan Perbankan sebagai lembaga yang unggul dalam menyiapkan tenaga ahli madya yang profesional, terampil di bidangnya, dan mempunyai akhlaq yang mulia dengan mengedepankan etika dan moral yang berwawasan islami.
 
Misi :
  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas di bidang keuangan dan perbankan sehingga dapat menyiapkan tenaga ahli madya yang profesional, unggul dan terampil di bidangnya yang memadukan program pendidikan sesuai dengan kebutuhan pasar.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian untuk mendukung IPTEK bidang Keuangan dan Perbankan.
  3. Mengadakan kegiatan pengabdian dalam rangka pemberdayaan masyarakat terutama pada bidang keuangan dan perbankan.
 
Tujuan :
  1. Melaksanakan proses pendidikan yang berkualitas, produktif, dan efektif melalui program RAISE++;
  2. Menghasilkan tenaga profesional ahli madya yang memahami di bidang keuangan dan perbankan yang ditunjang oleh penguasaan teknologi informasi dan bahasa asing;
  3. Menyiapkan peserta didik menjadi calon profesional di bidang keuangan dan perbankan yang memiliki: Komitmen moral dan integritas pribadi, Sikap mandiri, terbuka, dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan di bidang keuangan dan perbankan.

Kompetensi menyeluruh meliputi:
  1. Pemahaman tentang pengetahuan dasar dalam bidang manajemen keuangan dan perbankan;
  2. Kemampuan dalam ketrampilan praktik operasional manajemen keuangan dan perbankan berbasis penguasaan terhadap teknologi informasi.
  3. Penguasaan kemampuan khusus (subject specific knowledge) dalam bidang manajemen keuangan perusahaan, industri dan perbankan termasuk memiliki kepribadian yang menunjang terbentuknya sikap profesional di bidangnya.

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar